Mahasiswa KKN-T Inovasi IPB University Lakukan Demo Masak Bahan Pangan Lokal dan Penyuluhan untuk Dukung Program Zero Stunting

Daftar Isi

emhate.com – Mahasiswa KKN-T Inovasi IPB University mendukung program Mabarmen (Makan Bareng Temen) yang dilakukan oleh Kelurahan Cilendek Barat dalam rangka mengurangi angka stunting di Kota Bogor.

Dikutip dari kotabogor.go.id, data stunting di Kota Bogor yang dikeluarkan dari pemerintah pusat mengalami kenaikan menjadi 18,7 persen.

Oleh karena itu, Program Zero Stunting yang digencarkan oleh Pemerintah Kota Bogor menjadi perhatian khusus bagi setiap kelurahan yang ada di Kota Bogor. Berbagai program dijalankan untuk melakukan aksi preventif dan kuratif.

Salah satu programnya, yaitu Mabarmen (Makan Bareng Temen) yang dilakukan di Kelurahan Cilendek Barat. Program ini telah berjalan selama dua bulan yang diikuti oleh 5 anak yang mengalami stunting dan 25 anak dari keluarga beresiko stunting 

Mahasiswa KKN-T Inovasi IPB University mendukung kegiatan Mabarmen ini dengan menciptakan sebuah inovasi sebagai wujud ikut serta dalam upaya mengurangi angka stunting. 

Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Inovasi Dilakukan oleh mahasiswa IPB University selama 40 hari sejak 19 Juni 2023 hingga 30 Juli 2023 di Kelurahan Cilendek Barat. Ada dua program utama untuk mendukung pencegahan kasus stunting yang telah dipaparkan dalam Lokakarya 1. 

Program tersebut yaitu demo masak dengan bahan pangan lokal yang diberi nama MASILEHAT (Masakan Ibuku Lebih Sehat) dan penyuluhan pencegahan stunting yang diberi nama GATANTING (Cegah dan Atasi Stunting). Kedua program dilaksanakan bergantian setiap pekan pada hari Selasa atau Rabu sesuai dengan acara Mabarmen.

Mahasiswa Teknologi Pangan IPB University, Balqis Tazkia, yang menjadi salah satu anggota kelompok KKN-T melakukan demonstrasi memasak dengan bahan pangan lokal, yaitu tempe. Hal ini tercetus saat kunjungan ke wilayah RW 04 yang dijuluki dengan “Blok Tempe” karena banyak UMKM yang memproduksi tempe.

Demo masak dilaksanakan di aula Kelurahan Cilendek Barat pada hari Selasa, 27 Juni 2023. Tempe yang biasanya hanya digoreng, disajikan menjadi olahan tempe katsu yang menarik bagi anak-anak.

Salah satu peserta Mabarmen yang merupakan ibu dari Ayla, menyatakan bahwa sangat antusias mengikuti demo masak dan tidak sabar untuk mencobanya di rumah. 

“Saya senang banget ya, acara Mabarmen ada demo masaknya. Saya jadi punya inspirasi tempe mau dimasak apa ya, biar anak juga nggak bosen makan tempe digoreng biasa aja,” ujarnya.

Demo masak yang dilakukan selama kurang lebih 90 menit tersebut dilanjutkan dengan pembagian bahan masakan kepada 30 peserta Mabarmen. Demo masak ini diharapkan mampu mengoptimalkan program Mabarmen yang diadakan oleh pihak Kelurahan Cilendek Barat agar dapat dipraktikkan oleh para orang tua di rumah masing-masing. 

Selain itu, terdapat kegiatan penyuluhan terkait pencegahan stunting pada Rabu, 5 Juli 2023 yang berisi tentang edukasi pengasuhan yang optimal melalui 3A (Asah, Asih, dan Asuh) serta edukasi “Isi Piringku”.

Mengenai keberlanjutan program, mahasiswa KKN-T Inovasi IPB University bekerjasama dengan para kader dan Tim Pendamping Keluarga (TPK) di Kelurahan Cilendek Barat untuk melakukan penyuluhan setiap sesi Mabarmen.

Penyuluhan yang dilakukan oleh mahasiswa tidak hanya berupa edukasi, tetapi juga monitoring langsung kepada para ibu untuk melihat pertumbuhan tinggi badan dan berat badan anak-anak stunting.

Pada hari Rabu, 5 Juni 2023, PLT Lurah Cilendek Barat, Dedy Rusmana, menyatakan bahwa program yang diusung mahasiswa ini sangat bermanfaat bagi para peserta Mabarmen.

“Saya sangat berterimakasih ya, kepada adik-adik Mahasiswa KKN-T IPB, sudah mau menyukseskan acara ini dan memberikan inovasi, berupa demo masak dan penyuluhan seperti hari ini, semoga bisa menambah semangat peserta untuk hadir dalam mabarmen,” ucapnya.

Pihak Kelurahan Cilendek Barat bersama kader juga menyatakan dukungan akan keberlanjutan program yang telah dicetuskan Mahasiswa KKN-T Inovasi IPB University.

Harapannya program ini dapat terus berjalan dan memberikan manfaat untuk menekan angka stunting, khususnya di Kelurahan Cilendek Barat.

emhate.com
emhate.com Menulis Tanpa Henti

Posting Komentar