4 Cara Mudah Buat Blog Sendiri, Gratis dan Cepat Gaes

Daftar Isi

emhate.com – Menurut Merriam Webster, blog adalah website yang mengandung konten personal dalam bentuk artikel, video, foto, dan link ke website lain yang disediakan oleh penulis blog.

Dikutip dari Niaga Hoster, berikut ini struktur standar sebuah blog.

Header: Biasanya terletak dibagian atas blog. Header berisi tentang judul blog, deskripsi blog, dan menu blog.

Navbar: Elemen ini biasanya terletak di atas header. Fungsi dari Navbar untuk mempermudah editor/pemilik blog dalam mengelola blog nya. Navbar biasanya tidak akan tampil jika diakses oleh user selain pemilik blog.

Main blog: Biasanya terletak di bagian tengah blog. Di sinilah tempat dimana postingan blog berada. Pada Main Blog juga terdapat struktur seperti judul, tanggal, nama penulis, serta kolom komentar.

Sidebar: Pada elemen ini biasanya terdapat Popular Post, Archive. Anda juga dapat menambahkan widget lainya seperti kalender, jam, dan widget menarik lainnya. Letaknya bisa di kiri atau kanan sebuah blog.

Footer: Terletak paling bawah blog. Biasanya terdapat informasi singkat pemilik blog, kontak atau form subscribe untuk diisikan alamat email.

Cara membuat blog bagi pemula versi emhate.com sangat mudah. Hal penting yang harus dimiliki oleh calon blogger adalah alamat email. Berikut ini cara lengkap membuat blog bagi pemula.

Setelah masuk www.blogger.com tampilannya akan seperti gambar di atas.

2. Klik Buat Blog

 

Setelah klik buat blog,  selanjutnya akan diminta untuk memasukkan alamat email yang nantinya menjadi alamat email untuk blog yang akan dibuat.

3. Tulis Judul Blog, Alamat Blog, dan Pilih Tema yang Sesuai

Di tahap ke- 3 ini sudah mulai masuk ke dashboard blogger. Di sini kita bisa menuliskan judul blog, alamat blog, dan memilih tema yang sesuai untuk blog yang akan kita kelola. Setelah itu, klik buat blog di bawah.

Jika muncul seperti ini boleh di klik X saja karena tampilan ini untuk mencari domain saja.

4. Blog Selesai Dibuat

Blog sudah jadi. Silakan cek alamat blog kita yang sudah kita buat tadi di tahap ke- 3. Jika ingin memosting tulisan, bisa klik Entri Baru.

emhate.com
emhate.com Menulis Tanpa Henti

Posting Komentar