OPINI: Tantangan Era Digital, Cerdas dalam Menggunakan Media Sosial

Daftar Isi

emhate.com – Dewasa ini kita ketahui bahwa digitalisasi seolah menjadi bagian kehidupan, tentu hal ini kita maksudkan bahwa dampak positif dari digitalisasi adalah mempermudah aktivitas manusia.

Di samping memiliki dampak positif era digital ini yang melalui salah satu produknya yaitu media sosial juga menjadi suatu resitensi baru bagi kita dalam beragama.

Mengapa demikian? Karena melalui media sosial inilah penyebaran informasi atau hal lainya sangat cepat dan menyeluruh. Barangkali kita telah disuguhkan berbagai persoalan, berbagai perdebatan dan berbagai hal lainnya di media sosial tersebut.

Dalam lingkup ini tentu yang dimaksud adalah lokus media sosial salah satunya itu sifat kolaboratif, partisipatif dan real time (bisa di akses di mana dan kapan saja) yang mana corak perbedaan pendapat lebih mudah dan banyak terlihat.

Barangkali juga kita merasakan seolah agama ini menjadi sedikit ambigu, terkhusus bagi masyarakat awam seperti saya. Menurut saya, ini merupakan tantangan era digital bagi kita ummat islam, persoalan-persoalan yang muncul belakangan ini menimbulkan kebingungan bagi sebagian orang hingga pada situasi tersebut ada yang memilih untuk acuh dan ada yang merasa tersinggung dan bahkan memberikan penilaian yang buruk terhadap persoalan itu.

Sebagai counter dampak persoalan yang ada ini mengharuskan kita untuk tidak fanatik terhadap persoalan itu. Artinya kita harus memverifikasi perbedaan pendapat itu dengan nalar yang logis serta dalil naqli juga didampingi oleh guru kita.

Terpenting adalah kita harus bisa mengetahui arah dan tujuan adanya suatu persoalan, intinya jika suatu hal di perdebatkan yang kemudian kita sudah memverifikasinya dan jika perdebatan ini masih terus tersebar di media sosial, maka kita akan tahu kemana arahnya.

Penulis: Faiz Ali

emhate.com
emhate.com Menulis Tanpa Henti

Posting Komentar