Harga Pakan Ikan Mahal, Mahasiswa KKN-T IPB Desa Hanum Ciptakan Pakan Ikan Alternatif

Daftar Isi

emhate.com – Mahasiswa KKNT IPB melakukan sosialisasi pakan ikan alternatif kepada para peternak ikan di Desa Hanum, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap. Kegiatan ini diikuti dengan penuh antusias oleh masyarakat desa hanum khususnya para peternak ikan air tawar.

“Sosialisasi ini diharapkan dapat memberi wawasan kepada para pengusaha ikan air tawar dan juga ke depannya dapat direalisasikan (pembuatan pakan ikan),” kata kepala dusun rimpaknangsi, Achmad Riyanto saat memberikan sambutannya.

Sosialisasi pakan ikan alternatif ini diadakan pada  29 Juli 2022 Jumat malam dan diikuti oleh para warga terutama pelaku usaha perikanan serta perangkat desa hanum dengan antusias. 

Pembekalan sosialisasi pakan ikan alternatif ini didasari atas masalah yang terjadi di dusun rimpaknangsi, Desa Hanum.

Dusun rimpaknangsi merupakan salah satu penghasil ikan air tawar berkualitas dari desa Hanum. Achmad riyanto, selaku Kadus Rimpaknangsi Desa Hanum mengatakan bahwa salah satu permasalahan di Rimpaknangsi yaitu harga pakan ikan berkualitas saat ini terbilang cukup mahal tetapi tidak diikuti dengan kenaikan harga jual ikan air tawar sehingga dibutuhkan pakan ikan alternatif yang dapat mempercepat tumbuh kembang ikan air tawar.

Bahan utama dalam pembuatan pakan ikan alternatif yaitu Azolla pinnata yang mudah untuk dikembangbiakkan, kemudian bahan tambahan lainnya berupa tepung ikan, tepung jagung, tepung bekatul, dan juga polar. Bahan-bahan tersebut mudah untuk ditemukan di Desa Hanum.

Azolla pinnata yang merupakan gulma air tawar dan sering dijumpai di perairan sekitar sawah diketahui memiliki kandungan protein tinggi yang berpotensi digunakan sebagai pakan ikan alternatif.  Budidaya Azolla pinnata sebelumnya telah diprakarsai oleh Achmad riyanto selaku pelaku usaha perikanan yang mencoba mencari alternatif pakan ikan yang murah dan mudah dilakukan.

Dengan adanya sosialisasi ini, warga yang bergerak di bidang perikanan air tawar di Desa Hanum khususnya Dusun Rimpaknangsi diharapkan dapat teredukasi dan mengetahui manfaat serta pengolahan Azolla pinnata, alangkah baiknya lagi warga termotivasi untuk mengembangkannya menjadi pelet.

“Pembuatan pakan ikan alternatif ini prospeknya lumayan tinggi untuk terealisasikan dikarenakan bahan-bahan yang diperlukan mudah di dapatkan di Desa Hanum, saya selaku pengusaha tertarik untuk memproduksinya,” kata Kepala Dusun Sudimampir, Muhammad Tahrir

Tentang KKNT

KKN Tematik merupakan bentuk pendidikan yang kegiatan utamanya berada di luar kampus. Tujuannya memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah-tengah masyarakat, dimana mahasiswa secara langsung bersama masyarakat mengidentifikasi, menganalisis, dan menangani masalah- masalah pembangunan. KKN Tematik merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kurikulum program Sarjana strata 1 Institut Pertanian Bogor.

emhate.com
emhate.com Menulis Tanpa Henti

Posting Komentar